Edupreneur

Saya memiliki passion untuk membantu orang lain (dari berbagai latar belakang) mempelari pengetahuan ataupun skill baru. Adalah hal yang sangat rewarding bagi saya untuk melihat siapa saja menjadi lebih paham suatu konsep baru yang sebelumnya sulit dimengerti.

Sebagai dosen di UK Petra, saya membantu mahasiswa saya belajar di kelas untuk mendapatkan pengetahuan dan skill yang nantinya bisa mereka gunakan di tempat kerja. Saya menerapkan project-based learning, dimana mahasiswa bekerja dalam kelompok untuk mengerjakan proyek yang mereka pilih sendiri. Saya senang mendorong mahasiswa untuk menyukai bidang yang ia ambil, dan bangga akan hasil karyanya sendiri.

Untuk menyalurkan hobi menulis, saya membuat bloglearnautomation.wordpress.comuntuk berbagi ilmu pada siapa saja yang tertarik dengan otomasi industri. Saya juga sedang mempersiapkan blog serupa untuk bidang artificial intelligence. Selain menulis di blog, saya juga telah menulis 3 buku di bidang otomasi industri.

Dengan dukungan penuh kampus, saya dan seorang rekan dosen (Hany Ferdinando) mendirikan Industrial Automation Training Center (IATC) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelatihan otomasi industri yang berkualitas dengan harga terjangkau. Sampai saat ini IATC telah memberikan pelatihan bagi lebih dari 150 orang peserta dari hampir 30 perusahan dan 20 universitas atau sekolah. Saat ini saya juga sedang merintis pelatihan di bidang machine learning dan artificial intelligence bersama Indar Sugiarto, kolega saya di UK Petra.

Selain pelatihan fisik, saya juga sedang merintis online training (http://learnautomation.web.id)  sebagai media baru untuk mendapatkan ilmu dan skill baru di bidang otomasi industri. Belajar jarak jauh menjadi trend dan kebutuhan mengingat pelatihan fisik yang cukup mahal dan mengharuskan peserta untuk hadir di tempat tertentu dalam jangka waktu lama.